1. Sediakan waktu khusus untuk melamun

Salah satu hal yang paling rawan dalam membuyarkan konsentrasi adalah kebiasaan untuk melamun.  Lamunan bisa dengan mudah menghancurkan konsentrasi dan mood untuk bekerja yang sudah kita ciptakan.  Jangan salah, aktivitas ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa juga menimbulkan rasa malas yang membuat kita menunda pekerjaan.
Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, misalkan setengah jam sebelum tidur; otak kita akan mendapat waktu khusus untuk beristirahat.  Akibatnya, saat harus fokus, kemungkinan untuk terbawa dalam lamunan akan menjadi lebih kecil.

2. Cari suasana yang cocok untuk belajar

  • Kamar tidur atau ruang kelas tidak selalu cocok. Cari tempat yang nyaman dan tenang yang memiliki kursi besar seperti di ruang tamu; lebih bagus lagi kalau jauh dari TV, komputer atau telepon seluler Anda.
  • Perpustakaan biasanya tempat yang bagus untuk belajar karena suasananya sunyi. Barangkali kantor orang tua juga lokasi yang memungkinkan jika cukup sunyi dan tidak mengalihkan perhatian Anda.

 

3. Usahakan Pikiran Kita dalam Keadaan Tenang

Dengan pikiran yang tenang otomatis belajar pun terasa lebih nyaman dan rilex. Usahakan sebelum belajar jangan memikirkan sesuatu yang membuat kita terus kepikiran pada suatu masalah.

Author : Eben Matondang
Iklan